Tip Cara Dasar Mengatasi Writers Block




Pernah disadari atau tidak, setiap penulis akan mengalami writer block. Penyakit ini menjadi racun bagi penulis tanpa memandang gelar istimewa atau instansi. Siapa sangka J.K Rowling sang kreator seri Harry Potter mengaku mengalami writers block saat mengarang buku Harry Potter and the Chmaber of Secrets. Alasannya, karena ia takut buku kedua tidak sesukses buku yang pertamanya, Harry Potter and Philosopher`s Stone.


Menurut medis “setiap penyakit ada obatnya”, penulis pun yang dihinggapi writer block ada obatnya tersendiri. Ajaibnya, setiap penulis memiliki obat berbeda-beda, tergantung sejauh mana ia memiliki skill keberanian melawan penyakit ganas dan beracun ini.

Ada tiga cara dasar mengatasi writer block yang sering ditanyakan dalam beberapa pertemuan literasi.


1. Buku
Semboyan literasi mengatakan “Penulis hebat adalah pembaca yang hebat”. Tapi kenapa mengalami writer block? Karena otak kekurangan bahan untuk merangkai tulisan. Maka, buku di lemari bukan sebuah pajangan atau fasilitas memperindah rumah, melainkan sumber ilmu yaang sangat penting untuk dipelajari. Oleh karena itu, membaca menjadi penting untuk menyembuhkan penyakit writer block dalam diri penulis.


2. Sungai
Tempat yang indah nan sejuk adalah sungai, ditambah melihat pegunungan ditumbuhi rumput hijau dan sepoi angin membelai wajah menjadi hal yang disukai banyak orang. Artinya, jika writer block menghampiri berarti otak butuh istirahat sejenak bagaikan seorang kulih bangunan, jika ia terus bekerja maka hasilnya pun tidak berkualitas.


3. Sekolah
Sekolah dalah gudangnya ilmu. Banyak ilmu yang perlu diserap sehingga menjadi data atau ide dalam menulis. Sebab, writer block terjadi manakala ide kita buntuh, kemudian disusul rasa bosan, malas, dan sebagainya. Hal itu yang menyebabkan penulis mengalami writer block secara gampang.


Dari tiga cara dasar tersebut, writers block dapat teratasi secara mudah. Semua tergantung pada skill penulis sendiri, sebab setiap penulis mempunyai cara atau obat dalam mengasi penyakit writers block. Dari cara tersebut, akan menjadi warna bagi dunia kepenulisan sesungguhnya.
Gersik Putih, 19 Agutus 2019




Semoga Bermanfaat
Penulis: Qiey Romdani

Posting Komentar

0 Komentar