Perjuangan Menuju Surga



Di beberapa tempat di Indonesia, masih ada anak-anak yang harus berjuang demi bisa bersekolah. Bayangkan, atau bahkan kau pun sudah pernah melihatnya? Mereka setiap harinya harus berjalan bekilo-kilo, bahkan puluhan kilometer agar bisa bersekolah.

Tapi, yang mereka tempuh bukanlah sekedar jalanan lurus beraspal, bukan! Jalanan yg harus mereka tempuh adalah jalanan berbatu, berlumpur, naik turun pegunungan, dan bahkan mereka harus melewati sungai.

Jika tak mau basah, atau mengambil jalan memutar yang jauhnya berkali-kali lipat, mereka harus mampu melewati jembatan yang sudah rusak, atau bahkan jembatan yang hanya seutas tali saja, innalillaahi. Yang bahkan jika sungainya sedang meluap, mereka terpaksa harus 'cuti' sekolah. Melihat perjuangan mereka, rasanya malu dengan diri ini yang lebih banyak mengeluh saat bersekolah dulu.

Belum lagi, saat mereka tiba di sekolah. Yang mereka temui hanyalah bangunan kecil tak berlantaikan keramik, tak beratapkan asbes, yang bahkan jangankan punya lemari untuk menyimpan buku dan peralatan sekolah mereka, meja dan bangkunya saja seadanya.

Inilah perjuangan yg sesungguhnya dalam menuntut ilmu. Maka, tidak heran jika Allah SWT akan mengangkat derajat orang-orang yang berilmu, maa syaa Allah.
Allah SWT berfirman:

يٰۤاَ يُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْۤا اِذَا قِيْلَ لَـكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجٰلِسِ فَا فْسَحُوْا يَفْسَحِ اللّٰهُ لَـكُمْ ۚ وَاِ ذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَا نْشُزُوْا يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْ ۙ وَا لَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍ ۗ وَا للّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ

"Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, berilah kelapangan di dalam majelis-majelis, maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, berdirilah kamu, maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui terhadap apa yang kamu kerjakan." (QS. Al-Mujadilah(58): Ayat 11)

Memang, pendidikan itu bukan hanya ada di sekolah. Kehidupan sehari-hari pun adalah pendidikan. Tapi, apakah mereka tidak berhak mendapatkan pendidikan yang layak juga seperti kita? Mereka juga sama seperti kita, punya cita-cita yang harus mereka wujudkan!

Mari kita bantu pemerintah untuk mewujudkan pendidikan yg berkualitas baik, merata di seluruh bagian Indonesia. Dengan cara apa? Apapun yg kita mampu. Banyak pilihannya. Terjun langsung ke dunia pendidikan, donasi, menjadi warga yang berpendidikan, dan pilihan terakhir adalah mendoakan. Jangan pernah meremehkan kekuatan doa, karena kita punya Allah Yang Maha Besar.

Merdeka bukan hanya terbebas dari perang penjajahan, tapi merdeka dari segala aspek, salah satunya: pendidikan. Semua berhak mendapatkan pendidikan yang layak.


Semoga Bermanfaat
Penulis: Nur Aini Rangkuti

Posting Komentar

0 Komentar