Membangun Semangat Literasi




Buku ibarat jendela dunia. Dimana dengan membaca, memahami dan mendalaminya, terbukalah wawasan dan pemikiran. Khususnya, di tengah semangat literasi yang kian tumbuh dan berkembang. Mengisi dan memenuhi lemari dengan koleksi bacaan tentu sangatlah menyenangkan.

Aktivitas membaca dapat dilakukan dimanapun, tidak terbatas ruang dan waktu. Bisa dilakukan di sekolah saat jam belajar maupun istirahat, dengan membaca di perpustakaan. Dapat juga dilakukan di waktu senggang, sembari memancing ikan di pinggir sungai. Atau di saat berlibur, sembari menikmati sejuknya semilir angin dan indahnya pemandangan pegunungan.

Banyak hal mengasyikan yang bisa dilakukan sembari membaca. Semisal, melakukan resensi, review atau membuka ruang diskusi untuk sebuah buku yang telah dibaca. Terlebih satu hal positif yang didapat dari membaca, yaitu memudahkan dalam merangkai aksara. Tidak salah semisal menjadikan aktivitas membaca dan menulis seperti dua sisi mata uang. Di mana antara sisi yang satu dan lainnya saling melengkapi.

Mari hidupkan dan bangun kembali semangat membaca. Karena dengan membaca akan mempertajam pemahaman dan menambah ilmu. Bahkan dengan ilmu tersebut, akan Allah tinggikan derajat kita, sebagai makhluk-Nya.


Semoga Bermanfaat
Penulis: Indri Faaza

Posting Komentar

0 Komentar