Belajar dari Semut



Banyak hal yang patut direnungi dalam hidup, agar kita bisa berpikir betapa agungnya kuasa Tuhan, kita tidak mesti memperhatikan hal-hal  besar dahulu, kita bisa mulai dari hal kecil dan tidak jauh-jauh dari kita. 

 Contohnya salah satu hewan yang bernama semut, kita bisa mengambil pelajaran tentang arti ketertiban, kerjasama dan persahabatan.  Sesekali coba kalian perhatikan gerak-gerik semut, terkadang kalian akan menemui semut berjalan beriringan, mereka selalu berjalan dengan barisan yang rapi tidak ada yang melenceng dan keluar dari barisan, setiap bertemu dengan temannya dari arah berlawanan, mereka kelihatan seakan saling sapa. 


 Tidak hanya itu, semut selalu bekerjasama dalam melakukan suatu pekerjaan, contohnya saja ketika menemukan makanan, mereka tidak akan membiarkan makanannya dimakan sendirian tapi mereka akan memikul secara bersamaan ke suatu tempat lalu memakan bersama-sama.  

Dari sana kita bisa merenung, bagaimana kekuasaan Tuhan terhadap semut ketika berhasil berkumpul dan berbaris rapi untuk mencari makanan serta  bagaimana bekerja sama dalam sebuah pekerjaan tersebut demi kepentingan bersama.  

Maka dari itu, sudah semestinya seorang manusia untuk mengambil pelajaran atas apa yang dia lihat di sekitarnya lewat tangan binatang, agar kita bisa tersadar bahwa binatang yang tidak punya akal pun bisa memberi contoh teladan yang baik, apalagi kita sebagai manusia bukan?


Semoga Bermanfaat
Penulis: Lathifah

Posting Komentar

0 Komentar